loading...

Penyebab Kecanduan

assalamualaikum....

            Sekarang ni banyak kali anak anak sampai bapak bapak pun main game.. bisa bisa seharian gak lepas ama hp karna maen game... berikut ini penjelasan kenapa bisa candu seperti itu.


            Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kita kecanduan? Dilansir dari colorado.edu, berikut penjelasannya.

1. Otak kita memiliki sistem limbik yang mengatur emosi dan memori jangka panjang
Pernahkah kamu ketagihan sesuatu? Hal tersebut membuatmu melakukan sesuatu yang berulangulang? Bisa jadi kamu mengalami kecanduan. Kecanduan terjadi di dalam otak kita. Otak kita memiliki jalur mesolimbik dalam sistem simbik yang memberikan sensasi saat kita melakukan sesuatu, seperti makan makanan yang sangat enak.

2. Di dalamnya terdapat neurotransmiter yang melepaskan hormon dopamin
Neurotransmiter yang melepaskan hormon dopamin membuat kita memerhatikan apa yang sedang kita lakukan dan berharap kita akan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Ibarat kata, otak meminta kita untuk melakukan hal serupa yang membuat kita merasakan sensasi luar biasa.

3. Namun, candu juga merespons hal yang sama untuk hal-hal yang berbahaya bagi tubuh, seperti mengonsumsi alkohol, rokok, dan narkoba
Sayangnya pelepasan dopamin dalam otak kita juga berlaku saat mengonsumsi alkohol, rokok, dan narkoba. Sensasi luar biasa tersebut membuat otak meminta kita untuk terus mengonsumsinya, tanpa memandang apakah itu berbahaya bagi tubuh kita atau tidak.

4. Cara kerja dopamin adalah terlepas dalam otak kita menuju neuron lain lalu diserap lagi oleh neuron asalnya
Hal tersebut yang membuat rasa candu memiliki alur yang terkendali. Namun, untuk beberapa jenis narkoba membuat dopamin terhambat untuk kembali ke neuron asalnya, alias terjebak dalam area sinaps yang akhirnya membuat jumlah dopamin berlebih. Hal itulah yang bisa disebut melayang-layang atau ngefly.


Sumber : idntimes.com IG (INDO_PSIKOLOGI)
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Label Cloud

Faktor Penyebab Sarap Kejepit

assalmualaikum...            Kali ini kita akan membahas tentang saraf kejepit... kok bisa saraf kejepit? sebenarnya.. Saraf kejepit terj...

Recent Posts